Profil Wiranto

Wirantohttp://id.wikipedia.org/wiki/Wiranto

Wiranto lahir pada 4 April 1947 di Solo, dan adalah seorang tokoh militer dan politikus Indonesia.

Karir Militer

Namanya melejit setelah menjadi ADC Presiden Suharto tahun 1987-1991. Setelah sebagai ajudan presiden, karir militer Wiranto semakin menanjak ketika tampil sebagai Kasdam Jaya, Pangdam Jaya, Pangkostrad, dan KSAD.

Selepas KSAD, ia ditunjuk Presiden Soeharto menjadi Pangab (sekarang Panglima TNI) pada Maret 1998. Pada masa itu terjadi pergantian pucuk kepemimpinan nasional. Posisinya yang sangat strategis menempatkannya sebagai salah satu pemain kunci bersama Wakil Presiden B.J. Habibie. Ia tetap dipertahankan sebagai Pangab di era Presiden Habibie.

Karir Sipil

Kariernya tetap bersinar setelah Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tampil sebagai presiden keempat Indonesia. Ia dipercaya sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, meskipun kemudian dinonaktifkan dan mengundurkan diri. Pada 26 Agustus 2003, ia meluncurkan buku otobiografi dengan judul Bersaksi di Tengah Badai.

Setelah memenangi konvensi Partai Golkar atas Ketua Umum Partai Golkar Ir. Akbar Tandjung, ia melaju sebagai kandidat presiden pada 2004. Bersama pasangan kandidat wakil presiden Salahuddin Wahid, langkahnya terganjal pada babak pertama karena menempati urutan ketiga dalam pemilihan umum presiden 2004.

Menyosong Pemilu 2009

Pada 21 Desember 2006, ia mendeklarasikan Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) dan tampil sebagai ketua umum partai. Deklarasi partai dilakukan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta dan dihadiri ribuan orang dari berbagai kalangan. Mantan presiden Abdurrahman Wahid, mantan Ketua Umum Partai Golkar Ir Akbar Tandjung, mantan wakil presiden Try Sutrisno, Ketua Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Ryamizard Ryacudu, mantan menteri perekonomian Kwik Kian Gie, dan tokoh senior Partai Golkar Oetojo Oesman menghadiri peresmian partainya.

Deklarasi partai juga dihadiri sejumlah pengurus, yaitu mantan Sekjen Partai Golkar Letnan Jenderal TNI (Purn) Ary Mardjono, mantan Gubernur Jawa Tengah Ismail, mantan menteri pemberdayaan perempuan DR Hj. Tuty Alawiyah AS, Yus Usman Sumanegara, mantan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI (Purn) Subagyo HS, mantan Wakil Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) H. Fachrul Razi, mantan Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi (Purn) Chaeruddin Ismail, Marsda TNI (Purn) Budhi Santoso, Letnan Jenderal (Purn) Suadi Marasabessy, Mayor Jenderal TNI (Purn) Aspar Aswin, Laksda TNI (Purn) Handoko Prasetyo RS, Mayor Jenderal TNI (Purn) Aqlani Maza, Mayor Jenderal (Purn) Djoko Besariman, Mayor Jenderal (Purn) Iskandar Ali, Samuel Koto, dan mantan menteri keuangan Fuad Bawazier, pendiri Partai Bintang Reformasi Djafar Badjeber, pengacara Elza Syarief, Gusti Randa, dan pengusaha asuransi Jus Usman Sumaruga.

Pada 17 Januari 2007, ia bertemu dengan Ketua DPR-RI Agung Laksono di Komplek MPR/DPR, Senayan (Jakarta). Pertemuan itu menjadi langkah awal dalam menyosong pemilu 2009. Ia menyatakan kesiapannya berhadapan kembali dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jika mencalonkan kembali.

About these ads

17 Tanggapan

  1. saya adalah salah satu pengagum Bpk.Jendral Wiranto.Doa saya semoga apa yang beliau cita-citakan untuk membangun negeri ini diijinkan Allah SWt dan semoga tidak salah dalam membawa Bangsa ini menjadi negara yang maju dan disegani oleh negara lain seperti halnya pada masa Presiden Soeharto.amin.sukses Bpk Jendral Wiranto.

  2. Bapak Wiranto yang saya banggakan,perjalanan sipil ke kursi kepresidenan yang bapak lakukan dengan membentuk partai HANURA pantas diberikan apresiasi yang beda dengan yang lain,kemampuan bapak tidak diragukan lagi,namun perlu diingat bahwa profil dan figur yang berkualitas yang terkemas dengan baik apabila dijajakan oleh marketing yang tidak pas akan menghambat konsumen pemilu dan pilpres utk mendukung anda..banyak pengalaman menunjukkan bahwa partai yang baru dan akan besar tapi tidak mempersiapkan sdm nya di setiap level kursi legislatif dengan tepat dan sanggup menjaga nama baik partai dan menjaga kepentingan publik akan membuat kehancuran di setiap lini..saya yakin bapak dan jajaran HANURA adalah orang oranga yang ahli strategi,namun belajarlah dari Barack Obama yang baru saja memenangkan rivalitas nominasi demokrat sebagai capres kulit hitam pertama di amerika..tak ada yang mustahil,selama figur,kemasan dan marketingnya tepat serta momentum yang pas.semoga sukses..

  3. Saya adalah seorang pengangum sosok Jenderal TNI (Purn) Wiranto.,S.H , karena kepemimpinan dan ketegasan beliau selama aktif di TNI AD. Semoga beliau dapat terus berjuang bersama rakyat Indonesia membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi… Amin…

  4. Saya salah satu pendukung pak wiranto untuk maju sebagai capres 2009. semogo berhasil. hidup pak wiranto

  5. SALAM HANURA BUAT PAK WIRANTO

  6. Saya cuma berharap pak wiranto menang sebagai presiden indonesia 2009-2014 asal bukan cuma karena ambisi, saya yakin pasti akan mendapatkan jalan,,, yang penting adalah berlapang dada untuk satu tujuan demi bangsa indonesia tercinta…. siapapun calon presidennya walaupun kalah jangan pernah berhenti untuk berfikir demi kemajuan bangsa ini…… salam hormat buat pak Wiranto

  7. Saya menentang sekeras-kerasnya majunya Pak Wiranto sebagai calon Presiden Republik Indonesia. Sebelum beliau berani maju menawarkan dirinya sebagai pemimpin negara, beliau harus mengambil tanggung jawab atas perbuatannya pada tahun 1999.

    Perserikatan Bangsa-Bangsa telah jelas-jelas telah mengumumkan ARREST WARRANT untuk kejahatan dan kekejaman Pak Wiranto dan beberapa rekannya di Timor Timur. Negara Indonesia TIDAK BOLEH dipimpin oleh seseorang yang tidak menghargai hak asasi manusia seperti yang ditunjukkan Pak Wiranto.

    Saya memohon juga agar Partai Hanura juga memikirkan kembali posisi Pak Wiranto di dalam partai mereka! Hati nurani Pak Wiranto seharusnya menuntunnya untuk menghadap tuntutan kriminal tersebut. Sudah terlalu banyak bukti sejarah mengenai TImor Timur dan keterlibatan Pak Wiranto yang tidak bisa lagi diabaikan.

    Bangsa Indonesia TIDAK BOLEH dipimpin oleh orang tak berprikemanusiaan!

  8. kalo wiranto haus kekuasaan mengapa dia tidak kudeta dulu saat mei 2008….
    karena dia menghargai prinsip demokrasi di negara ini…
    trus bejuang calon presiden hanura saya mendukung mu

  9. Apa boleh tahu sebenarnya mengenai detail kasus 98 dan Timtim yang berhubungan dengan Bp. Wiranto..

    Kalau boleh tahu, ada yang bisa menjelaskan, referensi, atau link web? Saya hanya ingin belajar..

    Sebagai warga yang baik seharusnya kita tidak boleh berbicara dengan hanya bermodalkan fakta-fakta yang tidak teruji..

  10. Dukung trus Pak Wiranto, ayo, bersama2 bangkit dan bersatu m’bina negri t’cinta ini…
    Buat Pak Wiranto, ketegasan dan gaya bicara Anda yg cerdas menunjukkan bhwa Anda adl Pemimpin sejati Indonesia yg sgt2 dibtuhkan oleh negri ini. Maju terus, pantang mundur tdk takut dg celaan org2 yg gmar mencela. Tunjukkan kelas bangsa Indonesia. Kebenaran,kejujura,keikhlasan yg berasal dr Hati Nurani Pasti Insya Allah menang! Salam u/ INDONESIA.

  11. [...] 1.Profil Wiranto 2.Profil Megawati 3.Profil SBY 4.Profil Prabowo 5.Profil Boediono [...]

  12. Wiranto cukup bagus, dan duet dengan JK juga bagus. Dua tokoh yang saya kagumi ternyata berduet. Definitely for JK-Win

  13. salam…. pak wiranto yang saya hormati.. secara pribadi saya cukup terkesan dengan figur bapak. akan tetapi dalam pemilu ini anda memiliki kans yang kecil untuk menang, maka dari itu saya hanya berusaha memberi saran untuk tetap bekerja keras dan menyolidkan tim yang telah bapak bentuk, dan hendaknya dalam berbicara setiap peserta capres atau cawapres ataupun tim sukses haruslah bersifat santun..

  14. sby tetap menang tapi kualitas jk terbaik ikuti polling capres 2009 klik agro ngawi

  15. JK-WIN itu idolaku.Aku yakin mrk akn mmbwa Indonesia mnj ke arah perbaikan.
    Aku brharap smg qt dpt meneladani dr kedua tokoh trsbt. . .

  16. Wiranto adalah sosok Idola yang saya banggakan,harapan saya semoga beliau menjadi pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke dalam kehidupan yang lebih baik,Adil dan Makmur.Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: