Kenaikan Harga BBM: PD dan Golkar Tolak Hak Angket

Akibat kenaikan harga BBM yang bertubi-tubi akhirnya diusulkan Hak Angket tentang itu. Semua partai politik mendukung, kecuali Partai Demokrat dan Partai Golkar yang merupakan pendukung utama pemerintah (SBY capres dari PD sementara Wapres JK merupakan Ketua Golkar).

Dari Golkar hanya Yuddy Chrisnandy yang mendukung hak angket, sementara seluruh anggota Partai Demokrat menolaknya.

Sebagai informasi, Hak Interpelasi hanyalah hak anggota DPR untuk bertanya. Jika pertanyaan sudah dijawab oleh pemerintah (baik oleh Presiden atau diwakilkan) maka selesai sudah.

Sebaliknya Hak Angket adalah Hak Penyelidikan. DPR bisa memanggil dari pegawai rendahan hingga Presiden untuk datang dan memberikan berbagai data dan informasi yang diminta. Sehingga informasi yang didapat bisa akurat dan lengkap.

Masalah BBM yang naik berkali-kali dengan harga yang cukup tajam dari Rp 1.810/liter pada tahun 2005 hingga Rp 6.000/liter tahun 2008 dan diusulkan oleh Bappenas dinaikkan lagi hingga 24% jelas menyengsarakan rakyat. Oleh karena itu patut disayangkan sikap Partai Demokrat dan Partai Golkar yang menolak penyelidikan mengenai masalah hal ini.

Hak Angket Lolos, FPD Kecewa Berat

BANJARMASIN POST/KASPUL AN WAR

Selasa, 24 Juni 2008 | 20:57 WIB

JAKARTA, SELASA – Lolosnya pengajuan Hak Angket terkait sikap pemerintah menaikkan harga BBM membuat kubu pendukung utama pemerintah di DPR, Fraksi Partai Demokrat (FPD) kecewa berat. Kekecewaan ini diungkapkan langsung oleh Ketua FPD Syarif Hasan usai rapat Paripurna DPR, Selasa (24/6). Sementara Ketua Fraksi PKS DPR, Mahfudz Siddiq menilai, dukungan pengajuan Hak Angket sesuai dengan komitmen partai.

Namun, sikap partai pendukung pemerintah yang kini tak lagi mengamankan setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dikomentari oleh Ketua Fraksi Partai Golkar, Priyo Budisantoso. Secara diplomatis, Priyo menyatakan partainya konsisten dalam setiap kebijakan pemerintah, termasuk konsisten dalam mengusulkan pengajuan Hak Interpelasi dari pada pengajuan Hak Angket terkait menyikapi kebijakan pemerintah menaikan harga BBM.

“Golkar tetap konsisten, menyetujui Hak Interpelasi dan tidak menyetujui Hak Angket. Tetapi, apa boleh buat voting mengatakan, angket lebih dipilih oleh teman-teman dewan,” tukas Priyo.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, mengaku heran dengan sikap para anggota fraksi di DPR yang selama ini selalu mendukung pemerintah. Ia tidak berani menduga-duga, apakah partai-partai yang selama ini mengklaim sebagai pendukung, secara tiba-tiba berubah haluan.

“Saya juga tidak tahu, kenapa teman-teman sampai berubah pikiran. Dalam lobi, sebetulnya sudah sepakat Hak Angket, Interpelasi atau kedua-duanya. Tapi, teman-teman ngotot maunya voting satu persatu. Ya beginilah jadinya,” sesal Syarif Hasan.

Ditanya, apakah ini bertanda koalisi pendukung pemerintah sudah tak solid lagi. “Koalisi ditentukan oleh hasil legislatif pemilu. Ini kita belajar dari ini, sikapnya tentu kebijakan dari partai masing-masing. Kalah kecewa, jelas kami kecewa berat,” tukasnya.

Apa nanti ada usulan dari Partai Demokrat untuk mencopot para menteri dari partai yang sudah berani melakukan pembelotan terhadap kebijakan pemerintah? Syarif kemudian menjawab diplomatis. “Itu diluar wewenang saya. Yang terpenting, sekarang ini kami akan hadapi usulan Hak Angket ini supaya tidak keluar dari substansi sebenarnya. Bagi kami, partai-partai pendukung pemerintah ini, menjadi pembelajaran yang sangat berharga,” ungkapnya terdengar lirih.

Sementara Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Mahfudz Siddiq mengungkapkan, dukungan Hak Angket yang diberikan, tak lain untuk membuka buruknya, serta carut marut di sektor energi nasional. Tak hanya dilakukan pada masa sekarang saja, tapi juga membuka kebobrokan sektor energi nasional masa lalu.

“Ini memang yang diinginkan frakasi PKS sejak awal kalau arahnya memang bedah tuntas. Tentunya, kita ingin memberikan respon politik dari semula mendukung interpelasi, akhirnya mendukung Hak Angket. Ini memang sebuah dinamika yang sebelumnya terjadi di forum lobi,” tukas Mahfudz.

“Penggunaan interpelasi, pada dasarnya bisa ditingkatkan pada Hak Angket. Secara bobot, Hak Angket lebih tinggi jadi Hak Interpelasi menjadi tidak relevan lagi,” ujar Mahfudz.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo menyatakan, pengajuan Hak Angket ini akan dioptimalkan secara baik dan jadwalnya akan dikawal sehingga dalam perjalanannya nanti, jangan mengesankan kandas di tengah jalan.

“Hak Angket ini harus sesuai target sebelumnya. Kalau memang semangatnya untuk membuka seluruh keburukan kebijakan sektor energi termasuk kebijakan pemerintah sebelumnya, malah kami sangat mendukung. Tidak ada masalah sama sekali demi kebaikan rakyat Indonesia secara keseluruhan. Yang jelas, lolosnya Hak Angket ini adalah untuk memaksa pemerintah untuk membatalkan lagi kenaikan harga BBM yang sekarang dilakukan,” cetus Tjahjo Kumolo. (Persda Network/yat)

http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/24/20575049/hak.angket.lolos.fpd.kecewa.berat

Golkar tak Sepakat Ada Partai Pembelot di Pemerintahan

Kamis, 26 Juni 2008 | 10:27 WIB

JAKARTA, KAMIS – Tudingan Partai Demokrat yang menyebut ada partai membelot sebagai partai pendukung pemerintah, ternyata tak diamini kubu Partai Golkar yang tetap konsisten, menolak pengajuan Hak Angket BBM pada rapat Paripurna DPR, Selasa (24/6) kemarin. Hal ini ditegaskan oleh politisi muda Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR, Azis Samsuddin, Kamis (26/6).

“Saya melihatnya tidak sampai ke arah sana (pembelotan). Itu (Hak Angket) tak lain demi kepentingan bangsa dan negara. Lebih mengedepankan kepentingan masyarakat,” kata Azis diplomatis.

“Apa yang menjadi keputusan DPR yang dilakukan secara demokratis, dasarnya demi bangsa dan negara dan sesuai dengan perundang-undangan serta mekanisme yang berlaku,” katanya politisi muda Partai Golkar asal Provinsi Lampung ini lagi.

Namun, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Syarief Hasan berpendapat lain. Lolosnya Hak Angket BBM, bagian dari skenario pemakzulan (impeachment) terhadap pemerintahan saat ini, duet SBY-JK.

“Indikasi pemazkulan yang direncanakan oleh fraksi-fraksi yang mengusulkan hak angket itu sangat jelas. Yaitu, ketika fraksi-fraksi tersebut menyampaikan pandangannya. Mereka ingin menggali, pemerintahan saat ini telah melakukan pelanggaran konstitusi. Nah, bila ada pelanggaran konstitusi apa lagi arahnya kalau bukan pemazkulan,” tandas Syarief Hasan.

Rachmat Hidayat

Sumber : Persda Network

http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/26/10270772/golkar.tak.sepakat.ada.partai.pembelot.di.pemerintahan

4 Tanggapan

  1. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://politik.infogue.com
    http://politik.infogue.com/kenaikan_harga_bbm_pd_dan_golkar_tolak_hak_angket

  2. HAK ANGKET SEKARANG KITA (MASYARAKAT) AKAN MEMBUKTIKAN KINERJA DPR UNTUK KEPENTINGAN :
    – BENAR-BENAR UNTUK MEMBELA RAKYAT
    – MEMBONGKAR MAFIA BBM
    – MENURUNKAN HRG BBM
    – DPR ATAS NAMA RAKYAT BUKAN PARTAI LAGI
    – DPR BUKAN BAGIAN DARI PEMERINTAH HARUS BERANI
    – DPR MENUNTASKAN KASUS UNAS (MAFTUH FAUZI)
    – DPR JANGAN TINGGALKAN TANI DENGAN MASALAH IMPOR BERAS, HARGA PUPUK, TUNTUTAN BUAT IRIGASI (HAK ANGKET YANG TERLUPAKAN)

    http://www.tribun-timur.com/viewrss.php?id=85559

  3. Aturan mainnya bagaimana sudah menolak hak angket masih menjadi anggota pansus bahkan ingin jadi ketua.

    – Apakah PD & PG yang sudah menolak boleh masuk pansus
    – Apakah tidak terjadi polemik/pengkaburan masalah
    – Penyelesaian yang diharapkan apa bisa tercapai
    – Terjadi pro contra jadi tidak fokus akhirnya melebar kemana2
    – Alasan Jelang Pemilu 2009, ingin mendapat simpati !

    Husnudzon, semoga Allah memberkahi.

  4. ………….AKHIRNYA SAMPAI LEBARAN JUGA, TERUS BERGERAK SAMPAI AKHIR TAHUN DAN TERUS MENGGELINDING SAMPAI PEMILU BERIKUTNYA DAN TERUS……………….

    HARGA BBM DUNIA ANJLOK (AKAN TERUS MENYESUAIKAN PASAR)

    DAN MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN “MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN, BILA ADA KATA2 YANG KURANG BERKENAN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: