Biodata Drs H Muhammad Jusuf Kalla

Jusuf KallaBerikut Biodata Jusuf Kalla dari partai Golkar yang maju menjadi Capres bersama Wiranto dari Hanura sebagai Cawapresnya.

Jusuf Kalla Blog

Nama : Drs H Muhammad Jusuf Kalla

Lahir :Watampone, 15 Mei 1942

Agama :Islam

Jabatan Kenegaraan:

  • Wakil Presiden RI (2004-2009)
  • Menko KESRA Kabinet Gotong Royong (2001-2004)
  • MENPERINDAG Kabinet Persatuan Nasional (1999-2000)

Isteri: Ny. Mufidah Jusuf (Lahir di Sibolga, 12 Februari 1943) Anak: 1. Muchlisa Jusuf, 2. Muswirah Jusuf, 3. Imelda Jusuf, 4. Solichin Jusuf, 5. Chaerani Jusuf. Pendidikan : Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanudin Makasar, 1967 The European Institute of Business Administration Fountainebleu, Prancis (1977) Pekerjaan 2004- sekarang : Wakil Presiden Republik Indonesia 2001 – 2004 : Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat 1999 – 2000 : Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI 1968 – 2001 : Direktur Utama NV. Hadji Kalla 1969 – 2001 : Direktur Utama PT. Bumi Karsa 1988 – 2001 : Komisaris Utama PT. Bukaka Teknik Utama 1988 – 2001 : Direktur Utama PT. Bumi Sarana Utama 1993 – 2001 : Direktur Utama PT. Kalla Inti Karsa 1995 – 2001 : Komisaris Utama PT. Bukaka Singtel International Organisasi 2000 – sekarang : Anggota Dewan Penasehat ISEI Pusat 1985 – 1998 : Ketua Umum KADIN Sulawesi Selatan 1994 – sekarang : Ketua Harian Yayasan Islamic Center AI-Markaz 1992 – sekarang : Ketua IKA-UNHAS 1988 – 2001 : Anggota MPR-RI 2004-sekarang : Ketua Umum DPP Partai Golkar

—Jusuf Kalla

http://jusufkalla.kompasiana.com

Muhammad Jusuf Kalla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Drs. H. M. Jusuf Kalla


Wakil Presiden Indonesia ke-10
Sedang Menjabat
Mulai menjabat
20 Oktober 2004
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Pendahulu Hamzah Haz

Lahir 15 Mei 1942 (umur 67)
Watampone, Sulawesi Selatan
Partai politik Golkar
Suami/Istri Hj. Mufidah Jusuf Kalla
Agama Islam

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (lahir di Watampone, Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942; umur 67 tahun), atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK, adalah wakil presiden Indonesia saat ini dan Ketua Umum Partai Golkar.

Awal kehidupan dan karier

Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Mei 1942) sebagai anak ke-2 dari 17 bersaudara[rujukan?] dari pasangan Haji Kalla dan Athirah, pengusaha keturunan Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Bisnis keluarga Kalla tersebut meliputi beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri. Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekedar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi. Di Makassar, Jusuf Kalla dikenal akrab disapa oleh masyarakat dengan panggilan Daeng Ucu.

Pengalaman organisasi kemahasiswaan Jusuf Kalla antara lain adalah Ketua HMI Cabang Makassar tahun 1965-1966, Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) 1965-1966, serta Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) tahun 1967-1969. Sebelum terjun ke politik, Jusuf Kalla pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan. Hingga kini, ia pun masih menjabat Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) di alamamaternya Universitas Hasanuddin, setelah terpilih kembali pada musyawarah September 2006.

Jusuf Kalla menjabat sebagai menteri di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Presiden RI yang ke-4), tetapi diberhentikan dengan tuduhan terlibat KKN. Jusuf Kalla kembali diangkat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri (Presiden RI yang ke-5). Jusuf Kalla kemudian mengundurkan diri sebagai menteri karena maju sebagai calon wakil presiden, mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan kemenangan yang diraih oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI yang ke-6, secara otomatis Jusuf Kalla juga berhasil meraih jabatan sebagai Wakil Presiden RI yang ke-10. Bersama-sama dengan Susilo Bambang Yudhoyono, keduanya menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama kali dipilih secara langsung oleh rakyat.

Ia menjabat sebagai ketua umum Partai Golongan Karya menggantikan Akbar Tanjung sejak Desember 2004. Pada 10 Januari 2007, ia melantik 185 pengurus Badan Penelitian dan Pengembangan Kekaryaan Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golongan Karya di Slipi, Jakarta Barat, yang mayoritas anggotanya adalah cendekiawan, pejabat publik, pegawai negeri sipil, pensiunan jenderal, dan pengamat politik yang kebanyakan bergelar master, doktor, dan profesor.

H.M. Jusuf Kalla menikah dengan Hj. Mufidah Jusuf, dan dikaruniai seorang putra dan empat putri, serta sembilan orang cucu.

Pendidikan

Menjelang Pemilu Presiden 2009

Setelah tidak berkomitmen untuk koalisi dengan Partai Demokrat, ia ditetapkan dalam Rapat Pimpinan Nasional Khusus Partai Partai Golkar] sebagai Calon Presiden dalam Pemilihan Presiden 2009. Dalam perkembangan terakhir, JK memutuskan menggandeng Ketua Umum Partai Hanura Wiranto sebagai cawapresnya.

Pranala luar

Didahului oleh
Hamzah Haz
Wakil Presiden Indonesia
2004 – sekarang
Sedang menjabat
Didahului oleh
Akbar Tandjung
Ketua Umum Partai Golkar
Desember 2004 – sekarang
Sedang menjabat
Didahului oleh
Basri Hasanuddin
Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat
20012004
Digantikan oleh
Abdul Malik Fadjar
Didahului oleh
Rahardi Ramelan
Kepala Bulog
Oktober 1999Maret 2000
Digantikan oleh
Rizal Ramli
Didahului oleh
Rahardi Ramelan
Menteri Perindustrian dan Perdagangan
23 Oktober 199924 April 2000
Digantikan oleh
Luhut Binsar Panjaitan

http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Jusuf_Kalla

BIODATA Drs H Muhammad Jusuf Kalla

Nama : Drs H Muhammad Jusuf Kalla

Lahir : Watampone, 15 Mei 1942

Jabatan: = Wakil Presiden RI (2004-2009)

Alamat Kantor: Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat

http://tokohindonesia.com/ensiklopedi/j/jusuf-kalla/index.shtml

6 Tanggapan

  1. JK, sebenarnya cukup bagus, tapi posisi sebagai pengusaha lebih banyak menyampaikan keinginan dan kehendak pengusaha daripada para pekerja. Lalu pilihannya untuk bersanding dengan wiranto yang mempunyai keterkaitan dengan A*Za*T*N, membuat saya tidak akan memilih duet ini.

  2. sebenarnya dibandingkan capres lain JK adalah sosok yang cocok ditengah kondisi Indonesia yang sedang membutuhkan solusi cepat pragmatis yang dimiliki oleh JK. karena keterpurukan Indonesia dibandingkan negara asia tenggara lainnya bahkan hampir tersaingi oleh Vietnam dan Filipina.
    Tapi, sayangnya kebanyakan rakyat Indonesia masih belum rasional dalam memilih pemimpin yang bisa menyelesaikan permasalahan hidupnya. menurut mereka Mitologi Jawa yang selama ini dipegang oleh sebagaian besar rakyat Indonesia masih dipercayakan oleh SBY yang diframe sangat Egaliter dan berasal dari rakyat biasa dan dianggap berlebihan oleh rakyat sebagai Satria Piningit yang selama ini ditunggu-tunggu.
    Kapankah rakyat Indonesia bisa rasional dalam memilih pemimpinnya yang bisa menyelesaikan permasalahan bangsa kita yang tercinta ini.
    saya rasa kita harus menunggu sampai pendidikan di Indonesia berkembang pesat sampai bisa merubah paradigma berfikir kebanyakan masyarakat di Indonesia. tapi sayangnya sampai saat ini pula sistem pendidikan di Indonesiapun masih dipolitisasi oleh para penguasanya sehingga masyarakat dicenderungkan untuk memilih bidang Exacta dari pada bidang Sosial yang saat ini masih sangat besar kebutuhannya bagi Indonesia agar bisa menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia.

  3. minta nomor hanpone bapa jusuf kalla bisa nga’???

  4. Sayaa sukaa bangett caraa bicara Bapakk,mogaa di SEMINAR kedepannya,,,aku bizsaa foto barengg dengan BAPAK…aku salutt samaa BAPAK,trimzzzzz

  5. pak,saya sangat kagum sama bapak setelah saya sudah membaca buku bapak yg berjudul solusi jk

    #MaAkkasI pak#

  6. Saya ingin menyurati bapak yusuf kalla bagaimana caranya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: